
3D Studio Max merupakan salah satu Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis, 3D Studio Max menjadi pemimpin aplikasi pembangunan animasi tiga dimensi. Sejak versi ke empat, Discreet, produsen 3D Studio Max, berusaha untuk meluaskan area fungsinya sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi bagi Web atau film. Versi terbarunya, yaitu versi 5, sudah mengarah kepada perluasan fungsi tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan pada polymodelling, mapping dan beberapa beberapa revisi pada tool untuk animasi. Namun dari fitur-fitur yang ada, fitur yang paling menarik dari 3D Studio Max versi 5 adalah reactor. Reactor ini terintegrasi dengan interface dari 3D Studio Max dan menyediakan tool untuk membuat simulasi. 3D Studio Max ini sering digunakan untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game.
Pengertian 3D Max Keunggulan dan Feature 3D Animation Dengan 3ds Max
Kemajuan dunia Computer Graphic
khususnya 3D Animasi telah berkembang
dengan sangat pesat saat ini. Telah banyak
kemudahan-kemudahan dan featuresfeatures baru yang dikeluarkan oleh pihak
vendor dalam upaya untuk semakin memikat
konsumen/user dengan product mereka. Ini
tentunya menjadi nilai tambah bagi para
konsumen/user dalam mengeksplorasi ide
kreatifitas dalam berkarya.
Beberapa keunggulan dan features yang bisa
kita peroleh dari sofware 3ds max ini adalah :
Keunggulan dan Feature ke 1
Feature untuk membuat model organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter
model makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan. Dan model makhluk hidup yang tidak nyata
(khayalan) seperti monster, peri, dan lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek
benda mati seperti mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.
Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model organic umumnya dengan
menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling
adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian
dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek
geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth). Sedangkan
teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan memakai garis-garis yang dibuat
seperti rangka objek yang diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).
Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound modeling dan Spline
modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik Polygonal Modeling). Teknik Compound
modeling adalah teknik membuat model dengan mengkombinasikan (menggabungkan,
memotong atau mengambil perpotongan) antar bentuk objek-objek geometry. Sedangkan teknik
Spline modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya terlebih
dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan memberikan ketebalan pada objek
2d tersebut.
Keunggulan dan Feature ke 2
Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita buat, sehingga karakter
3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu
dengan teknik Bone dan teknik Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu Di Distribusikan Oleh
www.KampoengTI.com
persatu yang kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling berhubungan,
misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu. Sedangkan teknik Biped memungkinkan
kita untuk membuat tulang yang telah terintegrasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh.
Sehingga kita tidak perlu lagi me-link-kan tulang secara satu-persatu.
Keunggulan dan Feature ke 3
Feature membuat texture real dan texture cartoon (kartun). Objek 3d yang dibuat dapat diberikan
texture yang realistic sehingga terlihat seperti nyata, atau berupa texture cartoon. Texture real
adalah memberikan texture yang sebenarnya sesuai dengan sifat dan karakteristik permukaan
suatu objek atau benda, sehingga akan diperoleh hasil yang tampak asli dan nyata. Feature yang
digunakan dengan menggunakan material standard. Sedangkan texture cartoon adalah
memberikan texture seperti kartun, yang warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan
adalah material Ink’npaint
Keunggulan dan Feature ke 4
Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut (fog), pendar cahaya a (volume light), dan
lain-lain. Efek-efek ini dapat diterapkan dengan memakai feature effect dan environment effectDi Distribusikan Oleh
www.KampoengTI.com
Keunggulan dan Feature ke 5
Feature membuat efek-efek yang terjadi bila mata/kamera melihat objek bergerak, misalnya efek
motion blur dan depth of field (dof). Efek motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau
mata/lensa kamera menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias (blur)
pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita atau mata/lensa kamera
focus melihat satu objek, maka objek-objek disekitarnya pasti akan menjadi tidak focus (blur).
Pemberian efek-efek ini tentu akan memberikan kesan yang semakin tampak realistic
Keunggulan dan Feature ke 6
Feature untuk membuat efek-efek sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat berupa cahaya
matahari, sunset, dan lain-lain, yang tentunya akan semakin memperkaya dan mempercantik
design 3d yang kita buat. Untuk membuatnya kita dapat memakai feature effect yang terdapat
pada software 3ds max
Keunggulan dan Feature ke 7 Di Distribusikan Oleh
www.KampoengTI.com
Feature untuk membuat objek-objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain. Objek-objek ini
memerlukan feature aplikasi khusus yaitu feature Hair & Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan
mudah untuk membuat beragam jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput
Keunggulan dan Feature ke 8
Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation.
Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic,
menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata
Keunggulan dan Feature ke 9
Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat
environment, seperti environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya
seperti pembuatan objek bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang sangat
khusus, karena oject ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi bila tingkat akurasi liquidnya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta Particle dan BlobMesh
Keunggulan dan Feature ke 10
Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang
memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang
dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau
MentalRay
Keunggulan dan Feature ke 11
Feature untuk membuat Animasi dynamics. Banyak diaplikasikan untuk membuat animasi
objek-objek yang saling bertubrukan/tabrakan, berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak hanya
dapat diterapkan untuk benda-benda (objek) solid/keras (rigid), tetapi
dapat juga diterapkan untuk
benda-benda lunak (soft), kain (cloth), tali (rope), dan lainnya
PENGERTIAN AUTOCAD
AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Kemampuan tersembunyi dalam AutoCAD itu tak lain adalah Customization atau Kustomisasi. AtuCAD memiliki suatu kemampuan yang sangat hebat, yaitu membri kesempatan bagi user untuk melakukan Customization atau modifikasi terhadap hampir semua fitur-fitur yang ada dalam program tersebut. Hal inilah yang merupakan salah satu faktor yang menjadikan AutoCAD sebuah program yang paling populer dan paling banyak dipakai diseantero dunia dalam bidang Drawing atau Penggambaran, terutama untuk bidang Engineering.
AutoCAD adalah salah satu program desain gambar dengan bantuan komputer yang cukup canggih. Secara perlahan namun pasti AutoCAD mengalami otomatisasi gambar, menggantikan fungsi manual yang selama ini mendominasi pekerjaan di segala bidang. Kompatibilitasnya yang tinggi memungkinkan gambar – gambar AutoCAD dapat diterima oleh sebagian besar program menggambar lain dan dapat dicetak dengan menggunakan hampir semua alat pencetakan. AutoCAD memiliki fasilitas yang cukup komplit untuk membuat gambar – gambar dua dimensi dan tiga dimensi.
Beberapa alasan menggunakan AutoCAD dari pada cara manual untuk menghasilkan gambar:
Akurasi: Dengan tingkat presisi hingga 13 digit, AutoCAD memiliki tingkat akurasi jauh lebih sempurna dan terjamin dibanding dengan menggambar manual. Dalam gambar manual, akurasi gambar sangat ditentukan oleh ketelitian mata dan kecermatan tangan yang sangat memungkinkan terjadinya kesalahan.
Kepraktisan, Kemudahan, dan Kecepatan : Fasilitas penggambaran dan pengeditan yang semakin sempurna menjadikan AutoCAD mampu menghasilkan jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Perintah Copy, Array, Block, dan sebagainya memungkinkan kita membuat dan mengedit gambar secara masal dan waktu cepat.
Kebersihan dan Kerapian: Dengan perintah pengeditan yang dimiliki AutoCAD, memungkinkan kita untuk merevisi dan memeriksa hasil gambar sebelum benar – benar dicetak, sehingga dihasilkan gambar yang bersih dan sempurna tanpa bekas – bekas pengeditan, penghapusan dan keringat atau kertas lecek seperti yang didapatkan pada gambar manual.
Ruang Kerja Tak Terbatas : AutoCAD memiliki ruang kerja tak terbatas. Koordinat tertinggi yang dapat dimasukkan adalah 1099. Sehingga kita dapat membuat gambar sebesar dan sebanyak apapun dalam ruang yang sama. Kita dapat mencetaknya bagian per bagian atau sekaligus dengan skala yang tepat.
Fleksibilitas Skala : AutoCAD memungkinkan satu gambar dicetak berkali – kali dengan skala yang berbeda – beda tanpa harus membuat ulang gambar tersebut. Hal yang tidak dapat dilakukan pada gambar manual. Dengan pengaturan skala yang tepat saat mencetak, kita juga dapat bebas memilih satuan yang digunakan dalam gambar, apakah mm, cm, meter, km, inci, dan sebagainya.
Dokumentasi : Dengan sistem penyimpanan file, hasil gambar akan tersimpan secara permanen. Kita dapat dengan mudah dan cepat duplikasinya dan merevisinya kelak bila ada perubahan desain tanpa harus membuat gambar dari awal lagi. Dengan media penyimpan floppy disk atau CD kita dapat membawa – bawa gambar dengan mudah dan di edit dimana saja.
Beberapa alasan menggunakan AutoCAD dari pada cara manual untuk menghasilkan gambar:
Akurasi: Dengan tingkat presisi hingga 13 digit, AutoCAD memiliki tingkat akurasi jauh lebih sempurna dan terjamin dibanding dengan menggambar manual. Dalam gambar manual, akurasi gambar sangat ditentukan oleh ketelitian mata dan kecermatan tangan yang sangat memungkinkan terjadinya kesalahan.
Kepraktisan, Kemudahan, dan Kecepatan : Fasilitas penggambaran dan pengeditan yang semakin sempurna menjadikan AutoCAD mampu menghasilkan jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Perintah Copy, Array, Block, dan sebagainya memungkinkan kita membuat dan mengedit gambar secara masal dan waktu cepat.
Kebersihan dan Kerapian: Dengan perintah pengeditan yang dimiliki AutoCAD, memungkinkan kita untuk merevisi dan memeriksa hasil gambar sebelum benar – benar dicetak, sehingga dihasilkan gambar yang bersih dan sempurna tanpa bekas – bekas pengeditan, penghapusan dan keringat atau kertas lecek seperti yang didapatkan pada gambar manual.
Ruang Kerja Tak Terbatas : AutoCAD memiliki ruang kerja tak terbatas. Koordinat tertinggi yang dapat dimasukkan adalah 1099. Sehingga kita dapat membuat gambar sebesar dan sebanyak apapun dalam ruang yang sama. Kita dapat mencetaknya bagian per bagian atau sekaligus dengan skala yang tepat.
Fleksibilitas Skala : AutoCAD memungkinkan satu gambar dicetak berkali – kali dengan skala yang berbeda – beda tanpa harus membuat ulang gambar tersebut. Hal yang tidak dapat dilakukan pada gambar manual. Dengan pengaturan skala yang tepat saat mencetak, kita juga dapat bebas memilih satuan yang digunakan dalam gambar, apakah mm, cm, meter, km, inci, dan sebagainya.
Dokumentasi : Dengan sistem penyimpanan file, hasil gambar akan tersimpan secara permanen. Kita dapat dengan mudah dan cepat duplikasinya dan merevisinya kelak bila ada perubahan desain tanpa harus membuat gambar dari awal lagi. Dengan media penyimpan floppy disk atau CD kita dapat membawa – bawa gambar dengan mudah dan di edit dimana saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar